Monday, December 28, 2009

my cuddly panda

andra-begitu biasanya dia dipanggil-adalah sahabat gue dr kls 1 smp sampai sekarang umur 19 tahun.. pertama sekelas ga suka banget liat nih org, kerjaannya sibuk sm hp nya melulu, ih nyebelin sok sibuk banget sih ! ternyata hal itu ga berubah sampe skrg, selalu sibuk ama hp nya hahaha.. gatau deh gmn pertamanya ampe akhirnya bisa deket.. mulai jalan2 ke mall brg jaman2nya abg (jamannya dermaga foodcourt masih happening banget), suka2an ama cowo pertama kali (huek !), ampe punya diary2an bareng ber-4 (duh malu deh kalo inget ! hahaha).. she's used to be a smart-dad's-little girl.. dengan supirnya pak udin yg setia menemaninya ampe skrg hihi.. dari dulu emg udh keliatan banget pinternya, dan seneng banget baca buku.. mcm harry potter atau twilight yg udah tebel trs berseri-seri, alahmak ! ngga deh buat gue hehe..

we are a great bestfriend until now.. selesai smp kita kepisah, dia masuk sma yg beda dengan gue.. dan gue sangat iriiii ! karena dia hanya menyelesaikan kelas 1 sma selama 6 bulan, kelas 2 sma 1 tahun, trs ngga ngelanjutin ke kls 3 tp ngambil foundation di salah satu universitas di jakarta, dan voila ! due this december, she will be graduated ! jadi sarjana S1 boooo ! ih amit2 ndra gue irinya sm lo ! hahaha..

emang selama ini dia tuh lemah banget, gampang sakit2an, cepet capek, sring banget pusing, apalagi semenjak kuliah awal2 dia jadwal tidurnya kacau, yg tidur malem banget lah, pagi lah, even ga tdr sama sekali krn ngerjain tugas..
selesai foundation disini dia pindah ke melbourne.. sedih deh, udh jauh, bedanya 4 jam (dia lebih cepet) dan gue udh mulai kuliah, jd susah ngobrol lg.. untungnya skrg kita bisa ngatur, ngobrol meskipun sedikit itu sangat berharga :)

pertengahan tahun lalu, bener2 bikin kaget.. ternyata ada tumor di otaknya yang bikin keadaan badannya ngga sesehat dulu lagi.. pengen nangis rasanya pas tau berita itu, cm kalo gue aja sedih, gmn andra ?? sebisa mungkin gue tahan dan terus ngedukung andra, ngeyakinin kalo dia bisa sembuh.. dan akhir taun 2008 kmrn dia ke singapore, Alhamdulillah berhasil diangkat lewat operasi.. dia masih ngejalanin aktivitasnya sehari2 seperti biasa.. tp kadang2 masih suka ngeluh
"rin, kepalanya sakit"
atau
"rin, lemes banget, ga bisa bangun dr tempat tidur"..

bbrp bulan di awal tahun, dapet kabar ngga enak lagi.. ditemuin di paru-parunya ada kanker kecil tapi ganas.. masya Allah, miriis rasanya denger kabar itu.. dan dokter memvonis kalo andra hidup tinggal 1 tahun lg.. gue ga pernah nanggepin kata2 dokter yg itu, krn percaya kalo Allah bakal ngasih hidup andra lebih lama dr itu.. mungkin karena tekanan dr dokter yg ngmg kaya gitu, andra jd super nikmatin hidupnya, dia ngelakuin segala yg dia mau.. belajar masak, jalan2 kemana2, pokonya ngelakuin yg dia mau.. gue selalu bilang
"ndra istirahat ah, tidurnya jgn acak2an gituu"
dan dia jawab
"aku takut rin, kalo besok ngga bangun lagi"...
speechless...... :'(

akhirnya krn awal bulan juli kuliahnya udh libur summer, dia ke jkt dan berniat untuk operasi ke hongkong.. sampe hongkong everything was fine.. sampe akhirnya dia sms
"rin, ni mau ikut rombongan tour mama dulu ke beijing, ternyata ada 2 org yg kena H1N1, jadi kayanya dikarantina dulu nih.. ah mau seneng2 tur dulu malah bgini deh"
huaaaaaaaaa ! H1N1 lg marak banget, dan langsung komat kamit doa supaya andra dan mamanya ga kenapa2..
selama di karantina adaaa aja keluhannya yg menurut gue lucu
"yin kamu dimanaaa ?? ol dong, temenin ngobrol. .aku super bosaaaaaaan :("
atau ini
"ayin dmn ? cpat plg huhu..dkasi makan kaya super enye lembek ikan rasanya kaya daun.. mana org2nya kasar bgt triak2 bhs cina entah ngmg apa"
this one was the silliest
"tuktuk hamtaro berlari au au ! tuk tuk hamtaro berlari yeyeye jreng jrengg.. nippon nippon cha cha cha cha cha !! kobo duduk di atas batu uwowowoooo tralalalaaa"
hahahaha dan langsung gue bales
"kamu kenapa sih ?? abis ntn kobo cina trs kesetanan ya ?? hahaha"
yah gitulah, mungkin super bosen terus gatau mau ngapain kali ya di karantina ?? tp akhirnya andra dan mamanya ga kenapa2 Alhamdulillah..

balik ke penginapannya sebelum masuk karantina, she took treatment instead of surgery.. katanya sih sebisa mungkin dia gamau operasi, mending treatment aja.. treatment berjalan sangat lancar dan 2 hari lagi pulang ke jkt..
sampe satu hari, kita smsan kaya biasa dr siang sampe malem.. malemnya pacar tlp, dan kita ngobrol2 seperti biasa.. pas selesai tlp aryo, dtg sms yang sangat tidak diharapkan untuk diterima, mamanya andra sms

"Arin, ini tante.. hp tante mati jd tante sms dgn hp andra krn tante blm charge..andra pingsan n kritis, tp tdk perlu heboh atau cemas, tenang aja..cuma andra pesan kalau knp2 slalu kabari km, (dan 2 temennya andra).. hal ini biar kalian bertiga saja yg tau ya ?arin contact tante kemari ya, n om tdk tau tante kabari kalian, jd takut salah paham, ok ? thanks"

gimana perasaan lo saat dapet kabar sahabat lo kritis ?? jauh pula beda negara.. saat itu juga gue nangis sejadi2nya, pikiran kacau kmn2, terus berharap berdoa supaya andra ga diambil secepet ini, cukup 1 org sahabat aja yang ninggalin di usia muda.. langsung aryo tlp dan bikin gue tenang, gue nangis kejer, ngga tau mau ngapain.. rasanya pengen bisa disamping andra, even ga bisa bantu apa2 tp yg penting nemenin disana..
dengan perasaan ngga karuan akhirnya gue tidur.. hp yang biasanya di set untuk tdr (cm bunyi kalo ada tlp aja, suara smsnya dimatiin) jadi gue pasang normal aja..
Alhamdulillah besok paginya mamanya andra sms, kalo andra keadaannya udh stabil, tinggal nunggu siuman.. sorenya andra udah bisa sms, dia bilang :

"baby, maaf ya bkin panik ya..mamaku heboh haha aku gpp ko rin uda sadar tp ms pake alat bantu nafas dll..mgkn bsk atau minggu plg tp msk rspi dulu..gpp ko aku kan strong kan babynya ayin hehe"

duh ndraaaaaaa ya masa iya sihhh gue ga panikkk sahabatnya kondisinya kaya gitu ??
Alhamdulillah andra masih diijinin disini sampai hari ini.. udah balik ke melbourne, meskipun kondisinya masih suka cape, pusing, dll.. tapi mudah2an treatment yang dijalanin bisa bikin dia sembuh..

sebelum ke cina dia pernah bilang

"Rin, i'm afraid of dying"

semua org pasti ndra ngerasain yg sama.. jangan takut ! you will be ok.. you're still my andra.. you're still my cuddly panda.. i'm here ndra, don't be afraid to share anything.. you can tell me anything you want.. ignore what the doctor said about the length of your life.. just hear people who support you ! you can still reach all of your dreams..
♥♥♥♥

No comments: