Wednesday, January 6, 2010

katanya, pendidikan itu..............

abis baca koran tadi pagi.. halaman paling depan tertulis "Sepuluh Anggaran Belanja Terbesar"
anggaran paling tinggi itu ditempatin oleh Kementrian Pendidikan Nasional sebanyak 16,22%, disusul
2. Kementrian Pertahanan,
3. Kementrian Pekerjaan Umum,
4. Kementrian Agama,
5. Kepolisian Negara,
6. Kementrian Kesehatan,
7. Kementrian Perhubungan,
8. Kementrian Keuangan,
9. Kementrian Dalam Negeri,
10. Kementrian Pertanian,
dan sisanya Kementrian dan Lembaga Lainnya.

hmm.. anggaran pendidikan paling tinggi tapi kok sistem masih morat marit, banyak anak jalanan yang ngga sekolah, fasilitas di pedalaman belum memadai, dan apalah kekacauan yang masih ada.. katanya, pendidikan itu penting.. katanya, pendidikan itu bekal seorang untuk menjadi manusia kedepannya.. katanya, pendidikan itu sudah direncanakan sebaik mungkin oleh pemerintah.. mana buktinya ?

banyak sekali sepertinya anak-anak Indonesia yang pintar.. mereka menguasai bidang-bidangnya sendiri yang sulit, menurut gue, seperti kimia fisika matematika.. yah pokoknya ilmu pasti lah yang menjadi musuh gue hahahaha.. buat gue mendingan ilmu yang nggak pasti deh :p
anggaran pendidikan paling tinggi kok keliatannya gini-gini aja ya ? hmm gue bukan mau bikin prasangka yang jelek-jelek ataupun bikin provokasi.. entahlah dana yang dikasih beneran dimanfaatkan sesuai jatahnya atau nggak.. tapi udah mulai banyak kok anak-anak sekolah yang diikutsertakan kompetisi di luar negeri dan jadi pemenang.. SMA gue juga udah mulai bagus.. loh, beda cerita ya ? bahaha..

anyway, yang sangat pengen gue tuangkan disini adalah, kemana ya anggaran paling banyak dihabiskan ? kenapa nggak subsidi biaya sekolah lebih besar lagi ? subsidi yang ada sekarang sepertinya belum memadai untuk membayar semua kepentingan anak-anak memasuki bangku sekolah.. duluuuu banget, gue masih inget pas SD, uang 3 bulan sekolah (swasta) itu Rp175.000, kalo dibagi tiga berarti sebulan hanya Rp58333.. kenapa gue inget ? karena dulu pas sd pernah nilep uang sekolah ! hahaha astaghfirullah, itu bener2 khilaf, gatau deh kenapa... mamah maafkan akuuhhh hiks :'( nah terus pas SMP (swasta) yang gue inget pas kelas 3, uang bulanannya Rp400.000 astagaaa itu yang namanya ngomel2.. mahal gilaaaak ! pas SMA bisa bernafas lega, karena keterima di negeri uang bulanannya lebih murah dari sebelumnya yaitu Rp275.000, plus makanan kantin yang murah-murah ! hihii.. masuk kuliah, Alhamdulillah dapet rank pertama, jadi masuknya paling murah yaitu Rp18.000.000.. paling murah aja segitu ya ? denger-denger kedokteran trisakti udah sampe 85juta masuknya.. alahmakjaaaang..

apa ngga sebaiknya diperhatiin lagi ya anggaran pendidikannya buat dibagi-bagi dan ditata sedemikian rupa supaya sekolah ngga mahal ?

sebenernya kesalahan alokasi anggaran ? apa salah penduduk karena kebanyakan orang yang punya anak ?

terus ntar anak gue berapa ya biaya sekolahnya ? hadooooooooooooooooh..

No comments: